17 Juni 2024
membuat pancake

Sumber: Image by <a href="https://pixabay.com/users/piviso-4138688/?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=2291908">piviso</a> from <a href="https://pixabay.com//?utm_source=link-attribution&utm_medium=referral&utm_campaign=image&utm_content=2291908">Pixabay</a>

Pancake: Makanan Favorit untuk Sarapan

Pancake merupakan salah satu makanan yang sangat disukai untuk sarapan. Rasanya yang lezat dan mudahnya proses pembuatannya membuat pancake menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat pancake yang lezat dan menggugah selera.

1. Siapkan Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat pancake, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tepung terigu, baking powder, gula, susu cair, telur, mentega cair, dan sedikit garam. Pastikan semua bahan sudah siap sebelum memulai proses pembuatan.

2. Campurkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu dengan baking powder. Tepung terigu yang digunakan biasanya merupakan tepung terigu serbaguna yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran.

3. Tambahkan Gula dan Garam ke Campuran Tepung

Tambahkan gula dan sedikit garam ke campuran tepung terigu dan baking powder. Gula memberikan rasa manis pada pancake, sementara garam akan menyeimbangkan rasa.

4. Campurkan Telur dan Susu Cair

Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan campurkan dengan susu cair. Kocok hingga tercampur dengan baik sebelum menuangkannya ke campuran tepung. Aduk rata dengan spatula atau sendok kayu.

5. Tambahkan Mentega Cair

Setelah campuran tercampur rata, tambahkan mentega cair ke dalam adonan. Mentega memberikan rasa yang lezat dan tekstur yang lembut pada pancake.

6. Panaskan Wajan Anti lengket

Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang. Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum menuangkan adonan pancake agar pancake bisa matang secara merata.

7. Tuang Adonan Pancake ke Wajan

Tuang adonan pancake ke wajan menggunakan sendok sayur atau centong. Pastikan untuk tidak terlalu banyak menuangkan adonan agar pancake bisa memiliki ukuran yang sesuai.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Radang Tenggorokan: Kenali Gejalanya

8. Tunggu hingga Muncul Gelembung di Permukaan

Biarkan pancake dimasak hingga muncul gelembung kecil di permukaannya. Hal ini menandakan bahwa bagian bawah pancake sudah matang dengan baik.

9. Balik Pancake dan Masak Hingga Matang

Gunakan spatula untuk membalik pancake dan masak hingga kedua sisi berwarna keemasan. Pastikan bagian tengah pancake juga matang sempurna.

10. Sajikan dengan Topping Favorit Anda

Angkat pancake dari wajan dan sajikan dengan topping sesuai selera seperti madu, maple syrup, buah-buahan segar, atau whipped cream. Nikmati pancake yang lezat sebagai sarapan yang menggugah selera.

Kesimpulan: Pancake Lezat untuk Sarapan yang Istimewa

Dengan resep sederhana ini, Anda dapat membuat pancake yang lezat dan menyenangkan untuk sarapan pagi. Selamat mencoba dan nikmati pancake Anda dengan berbagai topping favorit!

Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *