19 Mei 2024
makanan meningkatkan mood

Hai, Sobat Lensa Wanita! Saat kita merasa sedih, lelah, atau stres, seringkali kita mencari makanan untuk menghibur diri. Ternyata, ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan mood dan membuat kita merasa lebih baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa makanan tersebut. Yuk, simak bersama!

1. Cokelat

Tidak bisa dipungkiri, cokelat adalah makanan yang dapat meningkatkan mood. Cokelat mengandung senyawa feniletilamin yang dapat merangsang pelepasan endorfin dan serotonin dalam tubuh, sehingga membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks. Pilihlah cokelat dengan kandungan kakao tinggi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

2. Pisang

Pisang mengandung triptofan, sejenis asam amino yang dapat meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Serotonin adalah neurotransmitter yang berperan penting dalam regulasi suasana hati. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6 yang membantu produksi serotonin. Nikmati pisang sebagai camilan sehat atau tambahkan dalam smoothie.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat dan nutrisi penting. Lemak sehat dalam alpukat membantu penyerapan vitamin D, E, dan K yang berperan dalam kesehatan otak. Kandungan vitamin B6 dan folat dalam alpukat juga membantu produksi serotonin. Tambahkan alpukat dalam salad atau buat sebagai guacamole yang lezat.

4. Blueberry

Blueberry adalah buah yang kaya akan antioksidan, terutama anthocyanin. Antioksidan tersebut dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan fungsi kognitif. Blueberry juga diketahui dapat meningkatkan produksi dopamine, neurotransmitter yang berperan dalam perasaan senang dan motivasi.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting bagi kesehatan otak. Omega-3 dapat membantu menjaga keseimbangan kimia dalam otak, sehingga meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi. Ikan salmon juga mengandung vitamin D, yang terkait dengan produksi serotonin.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Tips untuk Mencuci Bedcover dengan Benar

6. Kacang Almond

Kacang almond mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan mental. Kandungan magnesium dalam almond dapat mengatur produksi serotonin dan mengurangi gejala depresi. Kacang almond juga mengandung vitamin E, yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut L-theanine, yang dapat memberikan efek menenangkan pada otak. Konsumsi teh hijau dapat meningkatkan produksi dopamine dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Teh hijau juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan secara umum.

8. Yogurt

Yogurt adalah sumber probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan pencernaan dengan suasana hati. Konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus dan mempengaruhi produksi neurotransmitter yang berperan dalam regulasi mood.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan mood dan membuat kita merasa lebih baik. Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut secara teratur dalam pola makan sehat Anda. Namun, perlu diingat bahwa makanan bukanlah satu-satunya faktor yang memengaruhi mood, tetapi merupakan salah satu aspek penting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Lensa Wanita. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *