17 Juni 2024
tradisi Lebaran unik di dunia

Hai Sobat Lensa Wanita, menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, setiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam merayakan momen ini. Beberapa tradisi tersebut bahkan sangat unik dan hanya bisa ditemukan di negara tertentu saja. Berikut adalah beberapa tradisi Lebaran unik di dunia.

1. Sholat Idul Fitri di Lapangan Terbuka (Indonesia)

Tradisi Sholat Idul Fitri di lapangan terbuka merupakan salah satu tradisi Lebaran yang paling populer di Indonesia. Ribuan umat muslim dari berbagai daerah berkumpul di lapangan terbuka untuk melaksanakan sholat Idul Fitri bersama-sama. Selain sholat, tradisi berbagi makanan dan memberikan uang atau hadiah kepada anak-anak juga dilakukan sebagai bagian dari tradisi Lebaran di Indonesia.

2. Salat al-Eid di Mesir

Di Mesir, tradisi Salat al-Eid atau sholat Idul Fitri diadakan di luar ruangan. Namun, yang membedakan tradisi ini dengan tradisi serupa di negara lain adalah penggunaan siwak atau kayu gading sebagai sikat gigi sebelum melaksanakan sholat. Penggunaan siwak dianggap sebagai sunnah atau ajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

3. Rangkaian Bunga di Malaysia

Di Malaysia, tradisi Lebaran disebut sebagai Hari Raya Aidilfitri. Salah satu tradisi yang unik adalah penggunaan rangkaian bunga yang biasanya dihiasi dengan kain dan disebut sebagai ketupat. Ketupat ini biasanya ditempatkan di dalam rumah atau di depan pintu sebagai bentuk ucapan selamat Hari Raya.

4. Makanan Kue di Turki

Di Turki, tradisi Lebaran atau disebut sebagai Bayram, identik dengan makanan kue yang disebut baklava. Baklava adalah kue manis yang terbuat dari lapisan-lapisan filo yang diisi dengan kacang-kacangan. Kue ini menjadi hidangan khas yang wajib ada di meja saat Lebaran tiba.

Baca Juga :  Memahami Siklus Haid: Menjalin Keseimbangan Hormon dan Kesehatan Wanita

5. Salam di Maroko

Di Maroko, tradisi Lebaran disebut sebagai Aid Al Fitr. Salah satu tradisi unik di negara ini adalah saling memberikan salam dengan menggunakan kata-kata khusus dalam bahasa Arab seperti “Takabalallahu minna wa minkum” yang artinya “Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kamu”. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah melaksanakan sholat Idul Fitri.

6. Lebaran Berenang di Brasil

Di Brasil, tradisi Lebaran atau disebut sebagai Hari Raya Sao Joao, disambut dengan berenang di laut. Tradisi ini bermula dari tradisi Portugis yang membawa kebiasaan berenang di pantai pada saat perayaan Santo Yohanes. Meskipun bukan negara mayoritas muslim, Brazil memiliki populasi muslim yang cukup besar, dan tradisi Lebaran berenang menjadi salah satu cara untuk merayakan momen tersebut.

7. Biscotti di Italia

Di Italia, tradisi Lebaran disebut sebagai Eid al-Fitr. Salah satu hidangan khas yang menjadi bagian dari tradisi Lebaran di Italia adalah biscotti. Biscotti adalah kue yang tipis dan keras, yang biasanya disajikan dengan kopi atau teh. Hidangan ini menjadi simbol persaudaraan dan kebersamaan selama momen Lebaran.

8. Henna di Pakistan

Di Pakistan, tradisi Lebaran disebut sebagai Eid al-Fitr atau Chand Raat. Tradisi yang paling unik adalah penggunaan henna sebagai hiasan tangan dan kaki. Orang-orang di Pakistan mempercayai bahwa menggunakan henna sebagai hiasan di hari Lebaran membawa keberuntungan dan kesuksesan. Banyak toko dan penjual khusus henna yang buka selama periode ini untuk melayani permintaan pelanggan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tradisi Lebaran unik di dunia. Meskipun memiliki perbedaan dalam cara merayakan momen tersebut, namun semangat kebersamaan dan persaudaraan selalu menjadi inti dari perayaan Lebaran di seluruh dunia. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan pengetahuan baru tentang tradisi Lebaran di berbagai belahan dunia. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Baca Juga :  Jenis Minuman Kopi: Pilihan Santai untuk Pecinta Kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *