19 Mei 2024
makanan olahan ubi

Hai, Sobat Lensa Wanita! Ubi adalah salah satu makanan yang kaya akan manfaat dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Selain rasanya yang enak, ubi juga mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin C, dan antioksidan. Nah, di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi makanan olahan ubi yang lezat dan bergizi untuk kamu coba di rumah. Yuk, simak tipsnya!

1. Kentang Goreng Ubi

Jika kamu menyukai kentang goreng, coba variasi dengan menggunakan ubi sebagai pengganti kentang. Iris ubi menjadi bentuk batang kentang, lalu goreng hingga renyah. Tambahkan sedikit garam atau bumbu kesukaanmu. Kentang goreng ubi ini akan menjadi camilan yang menyehatkan dan pasti disukai oleh seluruh keluarga.

2. Bola-bola Ubi

Ubi dapat diolah menjadi bola-bola yang lezat dan bergizi. Rebus ubi hingga empuk, haluskan, dan campurkan dengan bahan lain seperti tepung, telur, atau susu. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, lalu kukus atau goreng hingga matang. Bola-bola ubi ini bisa dijadikan camilan sehat atau tambahan dalam hidangan makanan utama.

3. Perkedel Ubi

Perkedel ubi adalah hidangan yang gurih dan lezat. Campurkan ubi yang sudah direbus dan dihaluskan dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica, dan seledri cincang. Bentuk adonan menjadi perkedel dan goreng hingga berwarna keemasan. Perkedel ubi ini cocok dijadikan lauk pendamping nasi atau sebagai camilan favorit keluarga.

4. Ubi Panggang

Ubi panggang adalah hidangan sederhana yang bisa dinikmati dalam berbagai cara. Potong ubi menjadi irisan tipis, beri sedikit minyak zaitun, garam, dan bumbu favoritmu. Panggang dalam oven hingga ubi matang dan agak renyah. Ubi panggang ini bisa dijadikan camilan sehat atau sebagai hidangan sampingan dalam berbagai menu.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Rekomendasi Souvenir Pernikahan untuk Anda

5. Es Krim Ubi

Es krim ubi adalah pilihan yang sempurna untuk pencuci mulut yang menyegarkan. Rebus ubi hingga empuk, haluskan, dan campurkan dengan susu kental manis atau gula merah cair. Dinginkan adonan dalam freezer dan es krim ubi siap dinikmati. Rasanya yang manis dan lembut akan membuat siapa pun ketagihan.

6. Martabak Manis Ubi

Martabak manis ubi adalah sajian lezat yang cocok untuk santapan sore atau sebagai camilan. Campurkan tepung terigu, santan, ragi, dan ubi yang sudah dihaluskan. Biarkan adonan mengembang selama beberapa waktu, lalu panggang dalam wajan dengan sedikit minyak hingga matang. Taburi dengan gula pasir atau keju parut sebelum disajikan.

7. Ubi Rebus

Rekomendasi makanan olahan ubi yang paling sederhana adalah ubi rebus. Rebus ubi hingga empuk, lalu sajikan dengan sedikit garam atau madu untuk rasa manis alami. Ubi rebus adalah pilihan yang baik untuk camilan sehat dan juga cocok dijadikan sebagai menu sarapan.

Kesimpulan

Ubi merupakan bahan makanan yang serbaguna dan kaya akan manfaat. Dari kentang goreng ubi hingga ubi panggang, ada banyak cara untuk mengolah ubi menjadi hidangan lezat dan bergizi. Coba rekomendasi makanan olahan ubi di atas dan nikmati rasa lezat serta manfaat kesehatannya. Selain lezat, hidangan-hidangan ini juga bisa menjadi pilihan yang sehat untuk seluruh keluarga. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Sampai Jumpa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *